Looking for Something?

Masakan ala Mertua di Bumi Mitoha

Author:

Boemi Mitoha

Di Bandung ada restoran Sunda dengan konsep unik, namanya Boemi Mitoha. Dalam bahasa Sunda, Boemi Mitoha artinya adalah Rumah Mertua. Hmm.. kira-kira rasanya seperti apa yah makan di rumah mertua? 😉

Jangan pikirkan mertua yg galak, makan di Boemi Mitoha justru suasananya homey banget! Dekorasinya didominasi oleh kayu dan batu bata sehingga begitu masuk kesan hangatnya terasa.

IMG_0527

Untuk makanannya, yang spesial disini adalah bakar-bakaran. Ada aneka macam ikan seperti bawal, nila, gurame, lele, sampai ikan patin juga ada. Dan yang paling bikin kami suka, semua ikan yang dipakai fresh dan diambil dari kolam sendiri. Segar dan dadakan nggak pake bahan frozen yang kelamaan di kulkas 😉

Menu Unik di Boemi Mitoha

Ternyata ngga cuma sekedar dibakar, ada menu yang proses pembakarannya unik karena dibakar di dalam batok kelapa dan di dalam bambu. Nama menunya Ikan Degan, ikan yang dibakar dalam batok kelapa. Setelah digoreng dan dimasak dengan bumbu, ikannya dibakar dalam batok kelapa. Ada aroma smoked yang nikmat banget saat dimakan!

Boemi Mitoha

Ikan Degan (75ribuan)

Selain ikan, kamu juga bisa memesan menu ayam yang dibakar dalam batok kelapa seperti ini.

Ayam Degan Boemi Mitoha

Ayam Degan (60ribuan)

IMG_0529

Ikan Degan dan Ayam Degan khas Boemi Mitoha

Tidak hanya menggunakan ikan fresh, ayam yang dipakai Boemi Mitoha juga ayam kampung asli. Mereka sangat peduli akan kualitas bahan makanan 🙂 Karena itu, soal bahan dan kebersihan Boemi Mitoha cukup berkesan buat kami.

Ternyata ada menu unik lain yang mirip dengan degan, tapi kali ini ikannya dibakar dalam bambu. Begitu datang, pramusajinya membawa bambu yang panjang dengan sumpal daun di atasnya. Saat sumpal daunnya dibuka tercium aroma ikan bakar menyerebak harum ke sekeliling kami. Wanginya enak banget!

boemi mitoha

Ikan Patin Bambu Sumpu saat akan disajikan

IMG_0523

Begitu dikeluarkan dari bambu

Karena melalui 3 proses memasak, pas dimakan rasa ikannya lain daripada yang lain. Biasanya ikan berkuah akan lembek ketika dimakan, yang ini justru tetap crispy seperti ikan goreng namun ada aroma smoked seperti ikan bakar. Kalo kamu mampir ke Boemi Mitoha, Ikan Patin Bambu salah satu menu yg kami rekomendasikan untuk dicoba.

Menu Lainnya

Menarik kan menu-menunya? 😉 Disini kamu juga bisa pesan sayur-sayur presmanan dan ikan bakar seperti ini

IMG_0537

Ikan Bakar

IMG_0518

ayam kampung asli

IMG_0531

Ayam Goreng

IMG_0517

aneka sambal lalap di Boemi Mitoha

Dessert

Nggak afdol kalo setelah makan nggak mencicipi dessertnya, karena itu kami memesan dessert jagoan disini. Ada 2 dessert yang paling menarik perhatian kami yaitu es campur dan es pepende. Es campur sebenarnya bukan menu unik karena banyak tempat lain yang menjual menu yg sama, tapi es campur di Boemi Mitoha ternyata bentuknya beda dari yg lain. Disajikan di dalam batok kelapa, ditemani jagung manis, alpukat, kacang merah, dll. Segeeer!

IMG_0515

Es Campur Sari Dulur (20ribuan)

IMG_0514

Es Pepende (17,5ribuan)

Nah, Es Pepende ini menu dessert signature di Boemi Mitoha. Terbuat dari durian yang diolah menjadi gula durian. Di dalamnya ada alpukat, kelapa, dan susu. Rasa durian di es pepende tidak mendominasi karena sudah diolah menjadi gula. Setelah makan berat, harus coba dessert disini! 🙂

Ambience

Sebelum menutup ulasan mengenai Boemi Mitoha, kami juga mau kasih liat tempatnya yg homey.

IMG_0524

homey banget ya? 😉

Di setiap meja ada typography bertuliskan pantun lucu atau kata-kata mutiara. Nggak cuma itu, pramusajinya juga menggunakan kaos lucu dengan tulisan di punggung.

IMG_0538

IMG_0539

Di bagian belakang tempatnya, ada area yang dikelilingi oleh tumbuhan hijau, bikin tempatnya jadi lebih adem.

IMG_0525

IMG_0526

bisa sekalian beli oleh-oleh

edit 1c

suasana malam Boemi Mitoha, foto by @boemimitoha

Overall, tempatnya luas, nyaman, dan bersih banget. Cocok buat kamu yg mau kumpul keluarga atau arisan. Meskipun sudah malam, suasana disana juga tetap nyaman. Anak muda bisa nongkrong malam disini juga soalnya ada Juice Bar di bagian belakangnya 😉

Boemi Mitoha

Jl. Ciliwung no. 15 (masuk dari daerah jalan Riau), Bandung.

  • Taste: 3.5/5
  • Range Harga: 5ribu-75ribuan
  • Open Hour: 09.00-22.00 (last order 21.00) tutup setiap hari Jumat
  • Place: Tempatnya luas, ada mushola dan toilet yang bersih. Parkiran juga luas, ada VIP room.

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Blog Stats

  • 1,036,133 hits

About Us

Victor & Ranie, food blogger based on Bandung. We love food, Photography and Videography. Kindly open About Us page for more information :)

Recent Posts

Pedesssnya sambel di Lalapan Sambal Petir

Lalapan Sambal Petir Paling suka deh makan di tempat makan sunda yg pilihan sambalnya banyak. Nah, k...

Like us on Facebook

Subscribe us for updates

Join 34 other subscribers