Looking for Something?
Browsing Category

Indonesian Food

Kuliner Khas Palembang di Pempek Nenek Tino

Author:

Pempek Nenek Tino

Salah satu kuliner nusantara favorit kami adalah Pempek khas Palembang. Cukup banyak yg menjual pempek di Bandung, mulai dari gerobakan sampai rumah makan juga ada, tapi yang menjual dengan citarasa Palembang masih belum banyak. Nah, belakangan ini kami baru nemu lagi tempat yg jual pempek dengan citarasa Palembang asli, Pempek Nenek Tino namanya.

Pempek Nenek Tino 06

Plang tempat Pempek Nenek Tino

Beberapa kali lewat jalan Pelajar Pejuang emang kami udah penasaran liat plang bergambar seorang nenek bertuliskan Pempek Nenek Tino, akhirnya kemarin kami menyempatkan diri nyobain pempek ini. Tadinya kami kira nama Nenek Tino karena ownernya bernama Tino, tapi ternyata Nenek Tino sendiri dalam bahasa Palembang ternyata artinya memang nenek.

Pempek Nenek Tino 03

Begitu masuk ke tempatnya, baru tau ternyata walaupun plang namanya bertuliskan Pempek Nenek Tino, tapi ternyata di dalamnya ada foodcourt yg menjual makanan lain seperti mie ayam, sate padang, sate maranggi, hingga roti bakar.

Continue Reading

Kambing Bakar Cairo, Jagonya Olahan Kambing!

Author:

Kambing Bakar Cairo

Biasanya, kambing bukan makanan yang akan kita buru. Banyak faktor yang bikin kita nggak begitu tertarik untuk menggilai kambing contohnya karena seringkali mencicipi kambing yang alot, bau, dan juga karena takut kolesterol.

Kambing Bakar Cairo 10

kambing bakar khas Kambing Cairo

Tapi ternyata, ada yang berbeda ketika kita mencicipi kelezatan Kambing Bakar Cairo yang punya tagline “Paling enak nomer 2 se-Timur Tengah”. Begitu dimakan dagingnya nggak alot sama sekali. Dan yang bikin takjub, untuk orang sesensitif kami terhadap bau daging, kambing disini nggak bau sama sekali! Ternyata yg mengolah memang punya keahlian khusus dalam memotong kambing makanya nggak bau. Selain itu mereka juga pakai kambing muda usia 3 bulan, jadi nggak alot dan rendah kolesterol.

Menarik sekali, 3 hal yang paling kami benci saat makan kambing nggak kami temukan saat makan kambing disini 😉

Continue Reading

Masakan ala Mertua di Bumi Mitoha

Author:

Boemi Mitoha

Di Bandung ada restoran Sunda dengan konsep unik, namanya Boemi Mitoha. Dalam bahasa Sunda, Boemi Mitoha artinya adalah Rumah Mertua. Hmm.. kira-kira rasanya seperti apa yah makan di rumah mertua? 😉

Jangan pikirkan mertua yg galak, makan di Boemi Mitoha justru suasananya homey banget! Dekorasinya didominasi oleh kayu dan batu bata sehingga begitu masuk kesan hangatnya terasa.

IMG_0527

Untuk makanannya, yang spesial disini adalah bakar-bakaran. Ada aneka macam ikan seperti bawal, nila, gurame, lele, sampai ikan patin juga ada. Dan yang paling bikin kami suka, semua ikan yang dipakai fresh dan diambil dari kolam sendiri. Segar dan dadakan nggak pake bahan frozen yang kelamaan di kulkas 😉

Menu Unik di Boemi Mitoha

Ternyata ngga cuma sekedar dibakar, ada menu yang proses pembakarannya unik karena dibakar di dalam batok kelapa dan di dalam bambu. Nama menunya Ikan Degan, ikan yang dibakar dalam batok kelapa. Setelah digoreng dan dimasak dengan bumbu, ikannya dibakar dalam batok kelapa. Ada aroma smoked yang nikmat banget saat dimakan!

Boemi Mitoha

Ikan Degan (75ribuan)

Continue Reading

Sambal Gledek ala Ayam Karmila

Author:

Ayam Karmila

Makan makanan Indonesia itu paling enak pake sambal, setuju nggak? 😉 Kami suka banget dengan konsep Ayam Karmila, tempat makan ayam di jalan Cihapit ini. Jualannya memang ayam bakar dan ayam goreng tapi konsepnya asik. Kalau biasanya makan ayam itu di saung tenda, disini kita bisa makan ayam dengan tempat ber-AC, ber-wifi, dan colokan ada dimana-mana.

Sambal Karmila Bandung 20

“Spesialnya Ayam Karmila yang membedakan dari ayam lain apa sih?”

Jadi, ayam goreng dan ayam bakar di Ayam Karmila ini dibuat dengan 35 macam rempah. Serius, 35 macam rempah! Kebayang nggak tuh rasanya? 😉  Selain pilihan ayamnya yang banyak, kita juga bisa pilih mau nasi putih, nasi merah, nasi pedas, atau nasi hainan ditemani 8 macam pilihan sambal.

Sambal Karmila Bandung 18

Nasi Pedas khas Mbak Karmila (6ribu), Ayam Bakar Rempah Manis (16.5ribu), plus Sambal Bawang Rahasia Karmila

Continue Reading

Martabak Hiegenis ala Martabak Tropica

Author:

Martabak Tropica Bandung

Bandung memang surganya martabak. Banyak sekali penjual martabak yang enak dengan bentuk yang beragam di Bandung, ada martabak asin, martabak tipis kering, martabak bolu, sampai martabak black ada di kota ini. Bahkan belakangan ini mulai ada yang menjual martabak pizza di Bandung. Martabak Tropica inilah yang membuat martabak pizza menjadi eksis di Bandung.

Tempat berjualannya nyaman. Jika biasa antri martabak harus pegal, di Martabak Tropica disediakan tempat duduk yang nyaman, bisa nongkrong, dan ada wifi supaya kita tidak bosan ketika menunggu martabaknya. Letaknya pun di tengah kota yakni di Jalan Burangrang, sehingga nggak susah mencarinya.

Kalau ditanya apa yang menjadi kelebihan Martabak Tropica dibanding pesaingnya, martabak disini proses pembuatannya hiegenis. Jika adonan martabak pada umumnya diaduk manual dengan tangan, adonan Martabak Tropica diaduk oleh mesin sehingga kebersihannya terjamin. Mereka pun menggunakan bahan baku yang berkualitas dan tanpa bahan pengawet.

Martabak tropica Bandung 02

Continue Reading

Mie Warna Warni di Mamayu Mie Bakso

Author:

Mamayu Mie Bakso

Mamayu Mie Bakso merupakan tempat makan mie baru di Bandung. Buka sekitar bulan Februari 2015 ini. Walaupun masih baru, Mamayu ternyata cukup menarik perhatian pecinta kuliner di Bandung loh, termasuk kami. Mie yang dijual disini memang unik nggak cuma menjual mie putih biasa. Ada yamien yang menggunakan mie hitam, mie green tea, juga ada rica cabe hijau. Membayangkannya saja membuat kami penasaran seperti apa ya rasanya? Nggak pernah kami coba di tempat lain.

Mamayumie baso 08

Continue Reading

Warunk Upnormal, Cara Baru Makan Indomie

Author:

Warunk Upnormal

Sesuai dengan namanya, menu yang disajikan disini memang upnormal alias diatas rata-rata. Nah buat yang belum tau, Warunk Upnormal menjual berbagai macam kreasi indomie, roti bakar, dan susu murni. Konsep awalnya sama seperti warung kopi indomie. Tapi Warunk Upnormal ingin membuat orang yang nongkrong disana tetap bisa makan Indomie dengan nyaman dan nggak buru-buru makan kemudian pulang. Makanya disini disediakan wifi, mainan seperti uno dan kartu, juga interior desain yang bagus.

Kalau sekarang banyak warung indomie dengan konsep seperti ini, Warunk Upnormal inilah pelopornya 🙂 Mereka cukup serius membuat menu layaknya cafe. Ada kopi dengan kualitas layaknya dijual di cafe resto, tapi harganya dibawah 20ribu. Menu yang disajikan disana juga menarik, nggak cuma sekedar ‘indomie rebus’ dan ‘indomie goreng’ biasa.

Warunk Upnormal 03

Continue Reading

Kuliner Murah nan Lezat, Ayam Madu Sibangkong

Author:

Ayam Madu Sibangkong

Bagi mahasiswa disekitaran kampus TELKOM Buah Batu – Bandung, mungkin nama ‘Ayam Madu Sibangkong’ ini nggak asing lagi. Sebuah tempat kecil nan sederhana di jalan Babakan Ciamis, namun sangat digandrungi masyarakat dan mahasiswa sekitar. Terkenal karena ayam madunya yang nikmat, plus harganya murah banget! Cukup dengan harga 12ribu, udah dapat sepiring nasi dan satu potong ayam madu.

Kali ini, Ayam Madu Sibangkong memperluas jangkauannya dengan membuka cabang baru di Jalan Riau. Posisinya tepat di sebelah Old and New, sebrang kantor Kejaksaan. Tempatnya kecil, sederhana, tapi bersih dan nyaman.

AyamsiBangkongBandung06

Continue Reading

Baso Goreng di Mie Baso Ramdhan Bikin Nagih!

Author:

Mie Baso Ramdhan

Jalan Ramdhan, salah satu jalan yang sering kami lewatin karena dekat dari markas Victor. Belakangan ini ketika kami lewat, ada tempat yang cukup menarik perhatian kami. Terletak di samping jalan Srimahi, Mie Baso Ramdhan namanya. Tempatnya terlihat bersih dan terang. Beneran kedai baso yah? Bersih banget tempatnya! Tapi yang paling menarik perhatian kami, foto baso goreng yang dipajang di bannernya. Menggoda bgt! Apakah rasanya seenak fotonya? 🙂

Kami pun akhirnya memutuskan untuk mencicipi Mie Baso Ramdhan ini. Tadinya kami kira cuma ada menu baso-baso disini. Ternyata ada menu lain juga seperti mie tek-tek, mie ayam, nasi goreng, dan es campur. Harga yang ditawarkan berkisar dari 15ribu-25ribuan, cukup hemat.

mie baso ramdhan 6

Continue Reading

Mie Merapi, Pedasnya Meletus di Mulut

Author:

Mie Merapi, Mie Kuah Rempah Pertama di Indonesia

Kalo denger nama Mie Merapi, pasti dikepala kita kebayangnya pedesss banget, iya nggak? Mie nya emang pedas, tapi jangan kuatir kamu bisa pilih level mulai dari 0-10 koq 🙂 Mie Merapi ini adalah mie dengan kuah rempah, ada kuah merapi yang pedasss dan aroma rempahnya kerasa banget, kuah kari khas Indonesia, juga kuah kampung yang rasa kaldunya terasa. Kuahnya kaya akan bumbu, segerrr dan gurih. Kalo favorit kami sih jelas kuah teruniknya, kuah merapi.

Banyak yang menyamakan mie merapi ini dengan ramen, padahal sebenarnya berbeda. Mungkin boleh disebut ramen ala Indonesia kali ya? 🙂 Bedanya dari ‘ramen’, mie disini homemade dengan tekstur mirip mie ayam. Penyajiannya pun dipadukan dengan sayur yang Indonesia banget seperti kangkung dan wortel. Topping-topping yang menemani mie nya juga ceker, iga, kikil, dan bakso yang merupakan makanan khas Indonesia. Tapi ada topping katsu dan sosis juga loh 😉

Mie Merapi Bandung 04

Continue Reading

Blog Stats

  • 1,540,549 hits

About Us

Victor & Ranie, food blogger based on Bandung. We love food, Photography and Videography. Kindly open About Us page for more information :)

Recent Posts

Styrofoam Aman untuk Takeaway Makanan? Hmmm……

Minggu lalu kami sempat datang ke blogger gathering Cooking in Style with Chef Vera Christiani deng...

Like us on Facebook