Looking for Something?

10 Street Food Favorit di Bandung (Part 1)

Author:

Bandung Street Food

Bandung memang dikenal sebagai kota dengan sejuta kuliner. Hampir setiap minggu ada saja cafe atau resto baru di Bandung. Kali ini kami ingin membahas kuliner Bandung dari sisi street foodnya. Walaupun berjualan di tempat sederhana, street food ini digemari oleh food hunter sampai rela antri loh.

1. Nasi Bistik Astana Anyar

Nasi Bistik AAedited 02

Nasi Bistik Astana Anyar atau biasa dikenal dengan sebutan nasi bistik AA hampir selalu kebanjiran pembeli. Berjualan disimpang jalan gelap dengan roda sederhana tidak membuat pembeli yang bermobil mewah enggan kesana. Tetep rame dan antri bahkan pembeli bermobil mewah 🙂 Makanan yang dijual berupa nasi bistik ayam, nasi goreng bistik, puyunghai, dan capcay. Enak dan murah.

  • Lokasi : Jl Astana anyar 264 Bandung (dekat Rumah Sakit Bersalin Astana Anyar )
  • Range harga : 16rb -21rb
  • Jam buka: 5 sore – habis

Nasi Bistik AA edited

Kami sengaja datang jam 5 sore ketika baru buka supaya fotonya terang. Biasanya kalo sore disana juga belum begitu rame antrinya loh. Jadi nggak terlalu lama menunggu makanannya selesai.

2. Sate Anggrek

4a

Kalo lewat belokan jalan Anggrek dari arah Riau, mungkin agak heran sama asap yang berlebihan di jalan raya. Kalo diperhatiin lebih lagi, dibalik asap heboh itu ada sekitar 4 orang pria lagi kipas-kipas sate. Makin diperhatiin makin aneh, koq panjang banget yaa sate yang dikipasin? Nah itu ciri khas sate ini. 

  • Lokasi : Jl Anggrek (dekat Suis Butcher)
  • Range harga : terakhir kesana akhir 2014 kemarin, 11ribuan/10 tusuk
  • Jam buka: sekitar jam 4 sore – habis

4Nama sebenarnya sih Sate Mirah, tapi orang lebih mengenalnya dengan sebutan Sate Anggrek 🙂 Meskipun sering terlihat antri yang makan, pelayanannya lumayan cepat loh.

3. Ceu Mar

ceu mar

ceu mar 02

Salah satu kuliner malam favorit wisatawan kalo ke Bandung, Ceu Mar. Ceu Mar ini menjual makanan sunda dalam bentuk prasmanan. Yang menjadi menu favorit orang-orang gulai sapi dan sop dagingnya. Gulai sapi disana favorit kami juga. Selain itu ada makanan lain seperti bakwan, paru, tempe orak arik, telor pindang, dan lain lain yang bisa kamu pilih kemudian dihitung diujung.

  • Lokasi : Jl Banceuy (dekat belokan  ke arah Braga)
  • Range harga : nggak ngerti cara ngitungnya, kadang menu yg sama harganya bisa beda 🙂 seorang bisa abis 20ribu-40ribuan tergantung sayurnya apa.
  • Jam buka: jam 6 sore-sekitar pukul 4 pagi

ceu mar 01

Ceu Mar termasuk makanan legendaris di Bandung yang kabarnya sudah ada sejak tahun 1974 loh. Tepatnya kapan sih kami sendiri kurang tau, yang pasti Ceu Mar digemari oleh segala kalangan baik kaum muda mudi maupun generasi lama.

4. Cuanki Serayu

1. cuanki serayu edited

Cuanki merupakan kepanjangan dari Cari UANg dengan jalan kaKI (dipanggul, pedagangnya jalan kaki berkeliling). Salah satu makanan khas dari Bandung yang isinya berupa campuran dari bakso, tahu goreng, tahu putih, siomay, dan batagor dalam satu mangkok. Cuanki Serayu ini adalah cuanki yang paling terkenal di Bandung. Sudah berjualan sejak tahun 1990 dan udah nggak ‘jalan kaki’ lagi. 

  • Lokasi : jl. Serayu no. 2 (dekat dari jl. Riau)
  • Range harga : seporsi 14ribu, setengah porsi 10ribu.
  • Jam buka: buka jam 11.00-20.00

1. cuanki serayu edited 01

Yang di jalan Serayu, cuankinya antri terus dan susah kebagian tempat duduk. Kalo kamu mau lebih sepi, datang ajah ke cabang lain di Jalan Mangga. Tempatnya nggak senyaman yg di Jalan Serayu, tapi lebih nggak antri 🙂

5. Cireng Cipaganti

3

Banyak yang menyebut, Cireng Cipaganti adalah pelopor cireng isi pertama di kota Bandung. Pemiliknya yang biasa dipanggil Abah Radja sudah menjajakan cemilan ini sejak tahun 1990. Bahkan katanya, banyak wisatawan asing yang bekal cireng mentahnya juga untuk dibawa ke negerinya.

  • Lokasi : Jl. Cipaganti no. 305 (depan Kantor Pos, sebelah Pom Bensin Cipaganti)
  • Range harga : 5ribu-20ribuan

2

Cireng ini juga terkenal dengan saus kacangnya yang lembut. Permukaannya memang kering, tapi begitu dikunyah terasa kenyal dan saus kacangnya lumer di mulut. Pilihan isinya ada isi kornet, abon, kacang, sosis, dan keju. Jika ingin beli oleh-oleh juga bisa beli kemasan yang mentah dan goreng sendiri di rumah.

6. Roti Bakar Gang Kote

Roti bakar gang kote

Ada banyak yang menjual roti bakar di Bandung tapi belum afdol kalo belum nyoba yang legendarisnya. Roti Bakar 234 atau biasa dikenal dengan sebutan Roti Bakar Gang Kote ini sudah dirintis sejak tahun 1970an. Ciri khasnya, dibakar pake arang! 🙂 Karena dibakar pake arang, ada aroma khas yg enak pas dimakan.

  • Lokasi : Jl. Jendral Sudirman, di Gang Kote. (Ada cabangnya juga di Suryani dalam dan di Ramdhan)
  • Range harga : 20ribu-40ribuan
  • Jam Buka: set3an-10 malam

Roti bakar gang kote 03

Roti bakarnya ada yang asin seperti keju dan kornet, ada juga yang manis seperti cokelat, nanas, lobi-lobi, dan blueberry. Ukuran cukup besar dan tebal, isiannya juga nggak pelit.

7. Nasi Kuning Pasir Koja

Nasi kuning pasko 01

Kalo siang hari, daerah Pasirkoja ini area pertokoan. Begitu toko-toko sudah tutup, mulai bermunculan pedagang yang menjual makanan di trotoarnya. Salah satunya, Nasi Kuning Pasirkoja. Sudah berjualan sejak tahun 1970 dan punya lumayan banyak pelanggan.

  • Lokasi : jl. Pasirkoja 114 (depan toko mas ABC)
  • Range harga : sekitar 10-15ribuan.
  • Jam buka: jam 8 malam – 1 pagi.

Nasi kuning pasko

Nasi kuningnya disajikan dengan sayur yang bisa kita pilih. Ada tahu kuah, semur jengkol, tempe orak arik, dll. Tempatnya sederhana di trotoar jalan, tapi nasi kuningnya mantap! Nasinya pulen, diberi bawang goreng diatasnya jadi terasa semakin gurih.

8. Bubur Ayam Gibbas

4. Bubur Gibbas_

Bubur Gibbas memang terkenal karena porsi ayamnya banyak banget sampai tumpah-tumpah :)) Kalau kamu senang berburu street food di Bandung terutama bubur, cobain ajah Bubur Gibbas ?

4. Bubur Gibbas

Buburnya bisa ditambah dengan ati ampela dan telur muda. Telur mudanya cukup favorit, hampir selalu kehabisan setiap kali kesana. Salah satu bubur favorit kami di Bandung 🙂

9. Seafood Mas Gondrong

seafood mas gondrong

Kata siapa makan seafood harus keluar uang banyak? 🙂 Mungkin belum kenalan sama Mas Gondrong, tempat makan seafood favorit dikala isi dompet lagi sekarat. Soal harga emang super murah meriah! Rasa juga boleh diadu dengan seafood pada kelasnya.

  • Lokasi : jl. Klenteng no. 22
  • Range harga : cumi dan udang seporsinya 10ribuan. Kepiting 50ribuan

seafood mas gondrong 02

Disini kamu bisa makan cumi saos padang, cumi goreng tepung atau udang goreng mentega dengan harga sekitar 10ribuan per porsi. Porsinya kecil pas untuk seorang. Harga kepiting dibandrol sekitar 50ribuan aja loh. Seafoodnya juga lumayan lengkap, ada kerang, ikan kerapu, kangkung cah, sampai kepiting. Hari itu kami makan 2 porsi cumi, 1 porsi kerang, 1 kangkung cah, dan 2 nasi putih hanya membayar 43rb ajah untuk 2 orang. Bahagia itu sederhana ya :’)

10. Perkedel Bondon

Perkedel bondon edited 02

Perkedel Bondon sebenarnya perkedel kentang biasa, tapi karena jualannya malam hari jadi lebih dikenal dengan nama Perkedel Bondon. Tempatnya sederhana di dalam terminal St Hall Sarijadi, tapi penggemarnya banyak sampai rela antri di tengah malam. Tepat disebelah perkedel Bondon, ada warteg yang buka tengah malam juga. Kamu bisa makan perkedel dengan nasi disana ditemani lauk pauk seperti dendeng, ayam goreng, dan sayur-sayuran.

  • Lokasi : Jl. Kebon Jati, masuk ke Babakan Stasiun Hall no. 43
  • Range harga : perkedel 1500/pcs
  • jam buka: jam 11 malam – sekitar jam 4 subuhan

Perkedel bondon edited

Memang butuh perjuangan extra untuk makan perkedel bondon. Buka mulai dari jam 11 malam dan biasanya sebelum jam 11 juga udah banyak orang yang antri. Kita juga antri sejam lebih. Tapi biarpun gitu kita rela berjuang untuk nikmatin perkedel yg dengan kulit crunchy tapi dalamnya lembut ini ?

Nah, ini 10 street food favorit di Bandung part 1. Masih banyak street food legendaris yg belum sempat kami masukan kesini. Nanti ya, kami bikin lagi part 2 nya. Kalo makanan kaki lima favorit kamu di Bandung apa nih? 🙂

Facebook Comments

Leave a Reply

Blog Stats

  • 1,036,133 hits

About Us

Victor & Ranie, food blogger based on Bandung. We love food, Photography and Videography. Kindly open About Us page for more information :)

Recent Posts

Pedesssnya sambel di Lalapan Sambal Petir

Lalapan Sambal Petir Paling suka deh makan di tempat makan sunda yg pilihan sambalnya banyak. Nah, k...

Like us on Facebook

Subscribe us for updates

Join 34 other subscribers